Perusahaan
dan lingkungannya
Konsep
manajemen pengetahuan sebagai keunggulan dalam bersaing telah lama dipopulerkan
oleh para ahli manajemen. Oraganisasi harus secara efisien dan efektif dalam
menciptakan, mengalokasikan dan mengangkap serta membagi pengetahuan dan
keahliannya untuk mengaplikasikan dalam menyelesaikan masalah dan memanfaatkan
peluang.penghargaan dan pelembagaan peran pengetahuan dan pembelajaran
merupakan pendekatan yang efektif untuk membangun landasan kemampuan bersaing
organisasi. Organisasi harus memanfaatkan pengetahuannya untuk membangun
stategi. Untuk secara jelas menghubungkan manajemen dengan strategi, organisasi
harus mengartikulasikan kemauan strategiknya, mengidentifikasi pengetahuan yang
diperlukan untuk melaksanakan strategi yang diinginkan, dan membandingkannya
dengan pengetahuan actual untuk menjembatani perbedaan strategik.
Perusahaan
memiliki banyak hubungan terhadap pihak eksternal, hubungan ini dapat dilihat
dan tercermin dalam berbagai macam hubungan yang terkait. Suatu perusahaan
tidak dapat berdiri sendiri tanpa adanya kerjasama dan bantuan dari para
karyawannya, supplier, pemegang saham, pelanggan, dan masyarakat. Dalam hal
menigkatkan persaingan, suatu perusahaan juga butuh pesaing bisnis agar dapat
lebih maju dan berkembang. Hubungan tersebut termasuk kedalam kebutuhan
perusahaan akan uang, personil, dan material.
Keunggulan
kompetitif
Suatu
perusahaan pasti ingin memiliki suatu keunggulan tersendiri dibandingkan dengan
para pesaingnya. Berbagai cara pastilah dilakukan, seperti halnya peningkatan
mutu dan kualitas barang atau jasa, peningkatan pelayanan, penyediaan barang
dan jasa yang lebih murah, dan lain-lain.
Pada
bidang komputer, keunggulan kompetitif mengacu pada penggunaan informasi untuk
mendapatkan pengaruh terhadap pasar. Perusahaan juga tidak selamanya hanya
mengandalkan pada sumberdaya fisik, tetapi pada sumber daya konseptual yang
unggul baik data dan informasi yang dapat digunakan harus sama baiknya.
Sumber
Daya Informasi
Perangkat
keras komputer, perangkat lunak komputer, spesialis informasi, user, data base,
dan informasi merupakan suatu sumber daya informasi. Sumber daya informasi
tersebut harus dikelola dengan baik oleh perusahaan untuk mendapatkan suatu
hasil yang menjadi target perusahaan. Untuk itu diperlukan manajer khusus yang
mengelola informasi tersebut.
CIO
(Chief Operation Officer) yaitu manajer jasa informasi yang menyumbangkan
keahlian manajerialnya bukan saja untuk memecahkan masalah yang berkaitan
dengan sumberdaya informasi, tetapi juga area operasi perusahaan lainnya.
Seorang manajer informasi dapat berperan sebagai CIO dengan mengikuti
saran-saran berikut:
1.
Sediakan waktu untuk pelatihan bisnis, selain teknologinya
2.
Buat kemitraan dengan unit-unit bisnis dan line managemen
3.
Fokuskan pada perbaikan proses dasar bisnis
4.
Jalankan pada perbaikan proses dasar bisnis
5.
Jelaskan biaya-biaya IS dalam istilah-istilah bisnis
6.
Bangun kepercayaan dengan menberikan jasa IS yang dapat diandalkan
7.
Jangan bersifat defensive
Perencanaan
Strategis
Perencanaan
jangka panjang perusahaan dalam mencapai tujuan-tujuan perusahaan, menentukan
dan mengidentifikasi masalah-masalah yang akan terjadi di masa yang akan
datang, untuk itulah diperlukanlah suatu perencanaan strategis. Setiap
area-area fungsional perusahaan harus bertanggung jawab untuk mewujudkan dan
mengembangkan strategis tersebut. Rencana-rencana fungsional merinci bagaimana
area-area tersebut akan mendukung perusahaan saat perusahaan bekerja menuju tujuan
strategisnya.
Konsep
Manajemen Sumber Daya Informasi
Manajemen
sumberdaya informasi adalah aktivitas yang dijalankan manajer pada semua
tingkatan dalam perusahaan dengan tujuan mengidentifikasi, memperoleh, dan
mengelola sumber daya informasi yang dibutuhkan untuk memenuhi keperluan
pemakai.
Elemen-elemen
yang diperlukan adalah:
1.
Kesadaran bahwa keunggulan kompetitif dapat dicapai melalui sumber daya
informasi yang unggul
2.
Kesadaran bahwa jasa informasi adalah suatu area fungsional utama
3.
Kesadaran bahwa CIO adalah eksekutif puncak
4.
Perhatian pada sumber daya informasi perusahaan saat mambuat perencanaan
strategis
5.
Rencana strategis formal untuk sumbe daya informasi
6.
Strategi untuk mendorong dan mengelola end-user computing
Sumber: https://adamsong.wordpress.com/sistem-informasi-manajemen/teknologi-informasi-sebagai-keunggulan-komputitif/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar